Tautan-tautan Akses

Perusahaan AS Tuduh Peretas Iran Lakukan Serangan Malware


Peretas Iran dituduh menggunakan email phishing dan domain palsu untuk mendapatkan akses ke sistem komputer perusahaan yang menjadi sasaran serangan malware (foto: ilustrasi).

Sebuah perusahaan keamanan swasta berbasis di AS mengaitkan sekelompok peretas yang disponsori pemerintah Iran dengan serangan siber yang menyasar berbagai organisasi di seluruh dunia.

Perusahaan keamanan "FireEye" mengatakan Rabu (20/9) bahwa peretas Iran menggunakan malware untuk menyerang perusahaan kedirgantaraan dan petrokimia di Amerika Serikat, Arab Saudi dan Korea Selatan.

Kelompok peretas, yang dijuluki APT33 (ancaman canggih terus-menerus) oleh periset FireEye, menggunakan email phishing dan nama domain palsu untuk mendapatkan akses ke sistem komputer perusahaan yang menjadi sasaran.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa para peretas menyasar perusahaan tersebut dalam upaya "meningkatkan kemampuan penerbangan domestik Iran atau untuk mendukung pengambilan keputusan militer dan strategis Iran melawan Arab Saudi." [as]

XS
SM
MD
LG