Tautan-tautan Akses

Perundingan Nuklir Iran Masuki Tenggat Tanpa Hasil Pasti


Menteri Luar Negeri AS mengatakan beberapa masalah yang sulit masih tetap ada, sementara pimpinan perunding Iran mengatakan persetujuan dapat dicapai kemungkinan Selasa atau Rabu.

Perundingan mengenai pengekangan program nuklir Iran memasuki jam-jam terakhir hari Selasa (31/3) sebelum batas waktu tengah malam yang diberlakukan sendiri oleh para perunding. Dan tim-tim dari Iran dan satu kelompok enam negara kuat dunia berusaha menyelesaikan pembicaraan 18 bulan menjadi garis-besar persetujuan menyeluruh.

Para pejabat di Lausanne, Swiss, mengutarakan harapan dan sikap berhati-hati mengenai pekerjaan yang masih ada untuk mengatasi perbedaan pandangan mengenai hal-hal seperti berapa lama persetujuan itu akan berlaku, berapa cepat sanksi ekonomi terhadap Iran harus dicabut, dan apa yang dilakukan sekiranya Iran melanggar persetujuan itu.

Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry mengatakan beberapa masalah yang sulit masih tetap ada, sementara pimpinan perunding Iran, Abbas Aragchi, mengatakan persetujuan dapat dicapai kemungkinan hari Selasa atau Rabu.

Iran dan kelompok yang mencakup Inggris, China, Perancis, Rusia, Amerika Serikat dan Jerman sudah beberapa kali memperpanjang batas waktu mereka, dan telah melakukannya dua kali sejak menyepakati untuk mencapai persetujuan nuklir sementara November 2013.

XS
SM
MD
LG