Tautan-tautan Akses

Peru Minta Mantan Presiden Toledo Diekstradisi


Seorang wanita mengambil bagian dalam pawai anti korupsi dengan latar belakang sebuah poster dengan gambar tiga mantan Presiden Peru, Alan Garcia, dari kiri, Alejandro Toledo, dan Ollanta Humala, dengan pesan dalam bahasa Spanyol yang berbunyi: “Masukkan ke penjara,” di Lima, Peru, Kamis 16 Februari 2017 (foto: AP Photo/Martin Mejia)

Pemerintah Peru dengan resmi telah meminta Amerika memulangkan mantan presiden Peru Alejandro Toledo untuk diadili karena terlibat korupsi besar.

Kementerian Luar Negeri Peru menyatakan hari Jumat, surat-surat permohonan ekstradisi itu sudah diserahkan kepada Departemen Luar Negeri Amerika.

Kejaksaan Peru menuduh mantan presiden itu menerima uang suap sebesar 20 juta dolar dari perusahaan konstruksi Brazil, Odebrecht atas persetujuannya membangun jalan menghubungkan Brazil dengan Peru.

Peru mengatakan Toledo pernah kelihatan di kota New York dan San Francisco. Ia menjabat sebagai presiden dari tahun 2001 sampai 2006, dan seorang di antara empat mantan presiden Peru yang dicurigai punya hubungan dengan Odebrecht.

Para pejabat perusahaan konstruksi Brazil itu mengaku mengeluarkan sampai 800 juta dolar untuk menyuap politisi di seluruh Amerika Latin. Menurut pihak berwenang, 29 juta dolar diantaranya mengalir ke para pajabat Peru. [vm/al]

XS
SM
MD
LG