Tautan-tautan Akses

Pertunjukan Kembang Api dan Pesta Besar-besaran Sambut Tahun Baru


Kembang api di sekitar London Eye saat perayaan Tahun Baru di pusat kota London tepat setelah tengah malam pada 1 Januari 2020. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)

Dunia menyambut tahun baru dan dekade baru, Rabu (1/1), dengan atraksi kembang api, pertunjukan musik dan pesta semalam suntuk.

Di kota New York, ratusan ribu orang memenuhi kawasan populer Times Square di mana mereka menghitung detik-detik terakhir 2019 dan bersorak-sorai ketika tahun 2020 secara resmi hadir.

Beberapa juta orang berkumpul di Rio de Janeiro, Brazil, untuk merayakan Tahun Baru dengan menonton pertunjukan kembang api dan musik di pantai terkenal Copacabana.

Di Paris, pertunjukan kembang api mewarnai langit kawasan Champs-Elysees sewaktu Perancis mendapat giliran menyambut tahun yang baru.

Jam besar yang menjulang tinggi di Kremlin, Moskow, berdentang menyambut tahun 2020, dilatarbelakangi pertunjukan kembang api di angkasa dan salju buatan di tanah. Suhu hangat yang tidak biasanya membuat malam Tahun Baru tidak lagi diselimuti salju putih. Pemerintah Rusia menciptakan salju buatan di sekitar Moskow untuk menciptakan suasana Tahun Baru yang sepantasnya.

Pertunjukan kembang api selama 10 menit membahagiakan orang-orang di Dubai. Sementara di Jepang, sejumlah selebriti secara bergiliran memukul lonceng di kuil Budha, suatu tradisi kuno yang masih dilakukan hingga saat ini.

Pertunjukan kembang api juga memeriahkan langit di sebagian Asia dan Pasifik, termasuk di Pelabuhan Sydney, Australia.

Namun pertunjukan kembang api di beberapa wilayah di Australia dibatalkan karena kondisi udara yang sangat kering, yang dikhawatirkan akan memicu kebakaran hutan. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG