Tautan-tautan Akses

Pertikaian Biden-Putin Makin Tingkatkan Ketegangan Geopolitik


Dari kiri: Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden AS Joe Biden (ilustrasi).
Dari kiri: Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden AS Joe Biden (ilustrasi).

Ketegangan geopolitik meningkat setelah Presiden AS Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin, masing-masing memberikan pidato, Biden di Warsawa, sementara Putin memberi pidato kenegaraan di Moskow.  

Presiden AS Joe Biden tiba di Warsawa pada Senin (20/2) malam dalam kunjungan ke Polandia setelah melawat ke Kyiv, Ukraina. Selain berunding dengan para pemimpin negara anggota NATO, Presiden Biden memberi pidato seputar dukungan dunia untuk rakyat Ukraina.

"Saya baru kembali dari lawatan ke Kyiv, dan bisa saya laporkan, Kyiv berdiri dengan kuat, Kyiv berdiri dengan bangga, tegak, dan yang terpenting, Kyiv tetap bebas," tandasnya.

Biden menegaskan bahwa sekutu akan selalu mendukung kebebasan dan demokrasi, tidak peduli seberapa besar tantangannya.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam pihak Barat dalam pidato tentang keadaan negara Selasa, dia menuduh Barat yang mulai perang dan Rusia menggunakan kekuatan untuk menghentikan hal itu.

“Perwira dari batalyon nasionalis mereka dilatih di akademi dan sekolah militer Barat, dan pihak Barat memasok senjata. Perlu saya tekankan, Kyiv berunding dengan pihak Barat tentang pengiriman sistem pertahanan udara, pesawat tempur, dan peralatan berat lainnya sebelum operasi militer khusus dimulai,” kata Putin.

Pertikaian Biden-Putin Makin Tingkatkan Ketegangan Geopolitik
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:09 0:00

Pada Selasa (21/2) Putin juga mendeklarasikan pengakhiran partisipasinya dalam persetujuan START Baru, satu-satunya pakta pengendalian senjata nuklir yang masih eksis.

Hal ini semakin meningkatkan ketegangan dengan Washington disamping perseteruan seputar perang di Ukraina.

Putin mengancam akan melanjutkan uji senjata nuklir kalau AS melakukan hal yang sama, sebuah langkah yang akan mengakhiri larangan global bagi uji senjata nuklir yang berlaku sejak Perang Dingin. [jm/ka]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG