Tautan-tautan Akses

Pertemuan Trump-Jong Un: Trump Optimis, Sebagian Pihak Ragu


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, dalam kunjungan tak resmi ke China. Foto tanpa tanggal ini dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, 28 Maret 2018.

Presiden Donald Trump, Rabu (28/3), mengatakan ada "peluang bagus" pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan "melakukan apa yang benar demi rakyatnya dan bagi kemanusiaan" serta mengambil langkah-langkah ke arah perdamaian.

Dalam dua pesan Twitter pada pagi hari, Trump mengatakan telah menerima pesan dari Presiden China Xi Jinping bahwa pertemuan Xi dengan Kim minggu ini "berjalan sangat baik."

Trump mengatakan menurut Xi, Pemimpin Korea Utara "menantikan" untuk bertemu dengan Presiden Amerika. Gedung Putih mengatakan Trump berencana untuk bertemu Kim pada Mei di tengah ketegangan nuklir antara kedua negara.

Wartawan Associated Press Matthew Pennington menjelaskan
"Presiden Trump memandang pertemuan ini dengan cara yang positif. Tapi masih banyak keraguan mengenai niat Korea Utara. Menurut China, Kim Jong Un mengatakan ia berkomitmen untuk denuklirisasi tetapi tidak yakin apa yang diinginkan Korea Utara dari Amerika sebagai imbalannya."

Trump menyetujui perundingan bersejarah itu setelah pejabat Korea Selatan menyampaikan bahwa Kim berkomitmen untuk membersihkan Semenanjung Korea dari senjata nuklir dan bersedia menghentikan uji coba nuklir dan rudal. [my/ds]

XS
SM
MD
LG