Tautan-tautan Akses

Pertemuan Trump-Anggota Kongres AS Gagal Akhiri Shutdown


Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kedua dari kanan), memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Jumat (4/1).
Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kedua dari kanan), memberikan keterangan pers usai bertemu Presiden Donald Trump di Gedung Putih, Jumat (4/1).

Penutupan sebagian pemerintah Amerika tidak menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir sementara Gedung Putih dan anggota Kongres bekerja sepanjang akhir pekan untuk mengatasi kebuntuan mengenai dana tembok perbatasan yang diusulkan Presiden Donald Trump.

Trump hari Jumat (4/1) mengatakan, pertemuannya "sangat produktif" dengan pimpinan Kongres untuk menyudahi penutupan sebagian kantor pemerintah yang dipicu ketidaksepakatan mengenai dana 5,6 miliar dolar untuk tembok. Tetapi pimpinan fraksi Demokrat di Kongres menilai pertemuan di Gedung Putih secara berbeda.

Ketua DPR Nancy Pelosi menyebut pertemuan selama hampir dua jam itu "panas." Ia melanjutkan pernyataannya yang sering diulang bahwa kesepakatan dana tembok "tidak bisa diselesaikan sampai kita membuka kembali pemerintahan."

Kepada wartawan, ketua fraksi Demokrat di Senat Chuck Schumer mengatakan, presiden mengancam tetap menutup pemerintah untuk "waktu yang sangat lama, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun."

Ketua fraksi Republik di Senat Mitch McConnell hari Jumat mengatakan, Gedung Putih dan pimpinan kongres akan mengatur anggota staf untuk berbicara akhir pekan ini dalam upaya mencapai kesepakatan. Gedung Putih kemudian mengatakan para pimpinan DPR dan Senat akan bertemu pukul 11 Sabtu pagi. (ka)

XS
SM
MD
LG