Tautan-tautan Akses

Pertemuan Antara Diplomat AS dan Pejabat Korea Utara Ditunda


Menlu AS Mike Pompeo berjabat tangan dengan Kim Yong-chol, penasihat senior pemimpin Korut di Pyongyang,7 Juli 2018.(Foto: dok)
Menlu AS Mike Pompeo berjabat tangan dengan Kim Yong-chol, penasihat senior pemimpin Korut di Pyongyang,7 Juli 2018.(Foto: dok)

Pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo, dengan seorang pejabat senior Korea Utarayang semula direncanakan berlangsung hari Kamis (8/11) di Kota New York, telah ditunda.

Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan pernyataan Rabu pagi yang mengatakan pertemuan itu “kini akan berlangsung pada kemudian hari. Kami akan bertemu kembali ketika jadwal masing-masing memungkinkan.” Pernyataan itu tidak memberikan alasan mengapa pertemuan tersebut dibatalkan.

Pompeo semula dijadwalkan untuk mengadakan pembicaraan dengan Kim Yong-chol, penasihat senior untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Ketika mengumumkan rencana pertemuan itu awal pekan ini, Departemen Luar Negeri mengatakan Menlu Pompeo dan Kim Yong Chol akan membahas kemajuan pada keempat pilar pernyataan bersama dalam KTT Singapura, termasuk dicapainya denuklirisasi Korea Utara secara final dan dapat diverifikasi.

Kim dan Presiden Amerika Donald Trump menandatangani perjanjian pada pertemuan puncak mereka bulan Juni lalu untuk membersihkan semenanjung Korea dari senjata nuklir, tetapi kedua pihak telah berselisih mengenai laju upaya Pyongyang untuk mengakhiri program senjata nuklirnya. [lt]

XS
SM
MD
LG