Tautan-tautan Akses

Pertempuran Berkobar Dekat Ibu Kota Libya, Tripoli


Para pengunjuk rasa Libya menggelar demonstrasi di Alun-alun Martir di pusat Kota Tripoli, Libya, 19 April 2019. Mereka menutut penghentian serangan atas Tripoli oleh Khalifa Haftar.

Pertempuran berkobar di pinggiran ibu kota Libya, Tripoli, pada Sabtu (20/4), dalam rentetan kekerasan yang bisa didengar di pusat kota.

Pertempuran itu, termasuk tembakan artileri, pecah setelah Jumat (19/) diungkapkan bahwa Presiden Amerika Donald Trump berbicara melalui telepon dengan Khalifa Haftar, pemimpin kelompok militan yang dikenal sebagai Tentara Nasional Libya (LNA).

Gedung Putih mengumumkan pada Jumat bahwa Presiden Trump menelepon Haftar awal pekan ini dan memujinya atas apa yang ia katakan adalah "peran penting Haftar dalam memerangi terorisme dan mengamankan sumber daya minyak Libya." Pemerintahan Trump tidak mengatakan mengapa mereka menunggu beberapa hari untuk mengumumkan percakapan telepon itu.

Pasukan LNA dibawah komando Haftar menolak mengakui pemerintahan Tripoli yang didukung PBB. Mereka memulai serangan 3 April lalu untuk merebut kendali ibu kota. PBB telah menyerukan gencatan senjata.

Organisasi Kesehatan Sedunia mengatakan lebih dari 200 orang tewas dan lebih dari 1.000 terluka sejak kekerasan meletus.

Secara geografis, LNA menguasai bagian timur dan pemerintah Tripoli menguasai bagian barat Libya.[ka]

XS
SM
MD
LG