Tautan-tautan Akses

AS

Persaingan Partai Demokrat AS Marak, Aktivis Pertanyakan Biden


Mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden.

Mantan gubernur Colorado John Hickenlooper dan Gubernur Negara Bagian Washington Jay Inslee adalah anggota Partai Demokrat terbaru yang terjun dalam persaingan pemilu presiden 2020 yang ramai. Tetapi banyak anggota Partai Demokrat yang bertanya-tanya mengenai tokoh yang belum menyatakan niatnya, mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Lahan persaingan pemilu presiden dari Partai Demokrat sekarang diikuti 12 kandidat dengan Biden dan beberapa tokoh lainnya sedang mempertimbangkan apakah akan ikut bersaing dalam minggu-minggu mendatang atau bahkan bulan-bulan mendatang.

Senator dari Ohio Sherrod Brown, mantan anggota kongres dari Texas Beto O'Rourke dan mantan walikota New York, Michael Bloomberg termasuk diantara yang mempertimbangkan ikut pemilihan presiden pada tahun 2020, selain Biden.

Calon pesaing lain yang telah mengesampingkan diri mereka termasuk mantan jaksa agung Eric Holder, Senator Oregon Jeff Merkley dan calon partai 2016, Hillary Clinton. Clinton mengatakan kepada stasiun TV New York, News12 ia tidak akan menjadi kandidat tahun depan, ia ingin terus berbicara mengenai hal-hal yang terjadi sekarang yang sangat meresahkan baginya.

Biden pekan lalu mengatakan ia "hampir" sampai pada keputusan untuk mencalonkan diri dan mengatakan ada "konsensus" dalam keluarganya untuk mendukung upaya ketiganya untuk menjadi presiden. Ia memutuskan untuk tidak menantang Hillary Clinton pada pencalonan Partai Demokrat pada tahun 2016 setelah kematian putranya yang berusia 46 tahun, Beau, karena kanker otak. (my)

XS
SM
MD
LG