Tautan-tautan Akses

Perkembangan Teknologi Ambil Peran dalam Rangkaian Aksi Protes di China


Polisi menahan seorang demonstran dalam aksi protes menentang aturan pembatasan terkait COVID di Shanghai, China, pada 27 November 2022. (Foto: AP)
Polisi menahan seorang demonstran dalam aksi protes menentang aturan pembatasan terkait COVID di Shanghai, China, pada 27 November 2022. (Foto: AP)

Di saat rangkaian aksi protes berlanjut di sejumlah kota di seantero China untuk menentang kebijakan pemerintah “nol-COVID” yang keras, pertarungan terpisah terjadi di situs-situs media sosial di China dan di seluruh dunia. Pertarungan itu menguji kekuatan aparat sensor online China, yang dikenal dengan sebutan the Great Firewall.

Direktur Human Rights Watch China, Sophie Richardson, mengatakan para pejabat China tampaknya menggunakan “pendekatan teknologi rendah” untuk meredam ujaran yang muncul secara daring bahkan ketika para pengunjuk rasa menjadi lebih mahir menyampaikan pesan mereka dengan melewati sensor pemerintah.

“Polisi kini benar-benar menghentikan orang-orang di jalan, di transportasi umum, dan memaksa mereka untuk menyerahkan smartphone mereka sehingga polisi dapat memeriksanya untuk melihat apakah mereka mendapat obrolan tentang protes, apakah mereka telah mengambil gambar atau video, atau jika mereka telah mengirimkan materi semacam itu kepada orang lain,” katanya kepada VOA melalui Skype pada Selasa (29/11).

Beberapa pengunjuk rasa di kota-kota seperti Beijing dan Shanghai mendapatkan informasi tentang tindakan keras pemerintah terhadap para demonstran dengan menggunakan teknologi dan teknik lain untuk menghindari sensor pemerintah yang diyakini menggunakan sistem otomatis untuk memblokir konten terlarang.

Selama akhir pekan, para peneliti mencatat bahwa di luar China, ketika orang-orang di Twitter mencoba berbagi cuitan tentang protes dan tindakan keras oleh polisi, akun berbahasa China ikut campur tangan dengan memblokir penyebaran informasi.

Namun, banyak warga China kini telah dapat menggunakan jaringan pribadi virtual – atau VPN – untuk melewati the Great Firewall dan mengunggah foto, pesan, video, dan materi lainnya di sejumlah platform termasuk Twitter. [lt/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG