Tautan-tautan Akses

AS

Periset Amerika Temukan 2 Bangkai Kapal Umur Seabad


Pejabat Kelautan Nasional Teluk Thunder Bay mengumumkan pada hari Jumat, 1 September 2017, mereka baru saja mengkonfirmasi identitas kapal uap Ohio dan kapal baja Choctaw. Kedua kapal ini tenggelam di Danau Huron tahun 1894 dan 1915, dan ditemukan pada kedalaman lebih dari 200 kaki air di lepas pantai Pulau Presque Michigan. (Foto: NOAA Thunder Bay National Marine Sanctuary via AP).

Para pakar arkeologi kelautan Amerika mengatakan telah menemukan dua bangkai kapal di Danau Huron yang diyakini adalah kapal uap yang tenggelam lebih dari satu abad yang lalu.

Para periset mengumumkan hari Jumat (2/8) mereka telah mengukuhkan ditemukannya kapal barang dari terbuat kayu bernama Ohio, yang tenggelam tahun 1894 dan kapal uap berlambung baja bernama Choctaw, yang tenggelam tahun 1915.

Dikatakan, Ohio yang panjangnya hampir 70 meter itu berisi biji gandum ketika bertubrukan dengan sebuah sekunar, menenggelamkan keduanya. Lima awak sekunar itu tidak pernah ditemukan.

Choctaw yang panjangnya hampir 90 meter membawa batubara ketika ditabrak kapal uap milik Canadian Steamship Company dalam keadaan kabut tebal. Semua anak buah kapal keduanya berhasil diselamatkan.

Para periset Thunder Bay National Marine Sanctuary mengatakan mereka menemukan bukti kedua kapal itu bulan Mei ketika membuat peta dasar Danau Huron menggunakan kamera sonar resolusi tinggi.

Ditambahkan, mereka mengirim kendaraan yang dikendalikan dari jauh ke dalam danau untuk merekam video kedua kapal itu dan mengukuhkan identitasnya. Kondisi kedua kapal seperti diawetkan dalam air tawar yang dingin di Danau Huron, dan mereka ingin membuka lokasi itu untuk rekreasi menyelam bagi publik. [ds]

XS
SM
MD
LG