Tautan-tautan Akses

Peringatkan Ancaman China, Legislator Australia Dikecam Beijing


Andrew Hastie, legislator Australia dikecam Beijing setelah ia memperingatkan bahwa China merongrong kedaulatan dan kebebasan Australia. (Foto: ilustrasi).

Seorang legislator Australia dikecam Beijing setelah ia memperingatkan bahwa China merongrong kedaulatan dan kebebasan Australia.

Peringatan Andrew Hastie dari Partai Liberal itu disampaikan melalui kolom opini yang terbitkan di surat kabar "The Age" edisi Kamis (8/8). Dalam tulisan itu, Hastie menyamakan China dengan Nazi Jerman, pernyataan yang dinilai banyak pengamat politik sebagai kecaman terburuk terhadap China yang pernah disampaikan anggota koalisi PM Scott Morrison.

Hastie adalah mantan perwira khusus Angkatan Udara Australia yang kini mengetuai Komisi Intelijen dan Keamanan parlemen.

Kedutaan China di Canberra mengatakan dalam sebuah pernyataan, mereka mengecam keras pendapat Hastie yang terang-terangan menunjukkan mentalitas Perang Dingin dan bias ideologi.

Morrison sendiri menyatakan, kebijakan pemerintahnya tidak sejalan dengan pandangan Hastie. Ia mengatakan, legislator itu bukan anggota kabinetnya. [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG