Tautan-tautan Akses

Peringatan PD II Diawali dengan Penyesalan Jerman


Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berpidato dalam upacara peringatan 80 tahun dimulainya Perang Dunia II di Warsawa, Polandia, 1 September 2019. (Foto:AP)

Presiden Jerman menundukkan kepala dan memohon maaf atas penderitaan yang diakibatkan oleh negaranya terhadap Polandia dan Eropa bagian lain selama Perang Dunia II.

"Perang ini adalah kejahatan Jerman," kata Presiden Frank-Walter Steinmeier kepada para pemimpin Polandia, Wakil Presiden AS Mike Pence, Kanselir Jerman Angela Merkel dan lain-lain pada Minggu (1/9) dalam sebuah upacara peringatan 80 tahun dimulainya Perang Dunia II.

"Saya menunduk untuk mengenang penderitaan para korban," kata Steinmeier. "Saya memohon maaf atas utang sejarah Jerman. Saya mengukuhkan tanggung jawab abadi kami."

Upacara itu, yang juga dihadiri oleh Presiden Andrzej Duda dari Polandia, diadakan pada pukul 4.37 pagi waktu setempat, tepat 80 tahun setelah serangan udara yang memulai Perang Dunia II.

"Disini dimulai jejak kekerasan dan kehancuran yang melalui Polandia dan Eropa selama enam tahun. Kita menyebutnya perang, karena kita tidak tahu bagaimana mengekspresikan kengerian tahun-tahun itu," kata Steinmeier.

Presiden AS Donald Trump sebelumnya telah dijadwalkan untuk menghadiri acara itu, tapi batal mengingat Badai Dorian bergerak menuju AS. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG