Tautan-tautan Akses

Perempuan Saudi yang Cari Suaka Tiba di Kanada


Rahaf Mohammed al-Qunun (tengah) ditemani Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland (kanan), tiba di Bandara International Toronto Pearson International Airport di Toronto, Ontario, Kanada, 12 Januari 2019.

Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland mengatakan, Sabtu (12/1), bahwa Kanada "sangat meyakini hak-hak perempuan adalah hak asasi manusia."

Freeland membuat pernyatan itu saat menyambut Rahaf Mohammed al-Qunun, 18 tahun, perempuan Saudi yang mencari Suaka.

Al-Qunun tiba di Kota Toronto pada Sabtu pagi, dari Thailand lewat Seoul, Korea Selatan. Kanada memberikan suaka kepada al-Qunun setelah dia lari dari keluarganya karena mengkhawatirkan keselamatannya.

"Terlalu banyak perempuan dalam situasi berbahaya, baik di Kanada dan di seluruh dunia," kata Freeland kepada para wartawan di bandara Toronto tidak lama setelah al-Qunun tiba.

Freeland menambahkan bahwa pemberian suaka kepada al-Qunun "adalah bagian dari kebijakan Kanada yang lebih luas untuk mendukung perempuan dan anak perempuan di Kanada dan seluruh dunia."

Setibanya di Kanada, al-Qunun sempat tampil singkat di hadapan para wartawan, tapi Freeland mengatakan dia menolak berbicara karena "sangat lelah setelah perjalanan yang panjang" dan memilih untuk beristirahat.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sebelumnya mengukuhkan bahwa negaranya telah memberi al-Qunun suaka dan mengatakan remaja itu telah memilih untuk tinggal di Kanada. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG