Tautan-tautan Akses

PM Yunani akan Rombak Kabinet


Perdana Menteri Alexis Tsipras membacakan catatannya pada pertemuan dengan parlemen di Athena, Kamis (16/7).
Perdana Menteri Alexis Tsipras membacakan catatannya pada pertemuan dengan parlemen di Athena, Kamis (16/7).

Perdana Menteri Alexis Tsipras diperkirakan akan merombak kabinetnya dalam beberapa hari kedepan, setelah Yunani memperoleh tambahan dana talangan dari Bank Sentral Eropa.

Penangguhan utang dan pengucuran kembali dana oleh kreditor Eropa dilakukan menyusul sebuah pemungutan suara oleh parlemen Yunani Kamis yang menyetujui langkah-langkah penghematan yang ketat, termasuk kenaikan pajak dan pemotongan pensiun.

Pemungutan suara ini memicu sebuah pembelotan oleh beberapa anggota partai Tsipras, serta juga protes oleh warga Yunani yang mengatakan negara ini sudah dibebani secara berlebihan akibat langkah pemotongan anggaran.

Menurut pemerintah Yunani, pendanaan Eropa baru ini memungkinkan pembukaan kembali bank-bank yang ditutup sejak akhir Juni. Nasabah dibatasi penarikan uang tunai sebanyak $67 dolar (Rp 895 ribu) per hari dari mesin ATM.

Pemerintah mengatakan kalau bank-bank dibuka kembali, maka batas penarikan uang tunai kemungkinan akan dilonggarkan berupa sebuah batas mingguan yang belum diumumkan besarnya.

Sementara itu, parlemen Jerman melalui pemungutan suara menyatakan mendukung perundingan seputar kesepakatan dana talangan baru untuk Yunani.

Jerman adalah negara Eropa terkaya, dan merupakan kreditor Yunani terbesar. Diperkirakan anggota-anggota parlemen akan menyetujui perundingan baru dengan Athena ini.

Recommended

XS
SM
MD
LG