Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Australia Buka KTT G20 di Brisbane


PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).
PM Australia Tony Abbott (Foto: dok).

Perdana Menteri Australia Tony Abbot membuka KTT G20 ke-9 di Brisbane dengan mengajak seluruh pemimpin negara mewujudkan inisiatif mendorong pendapatan domestik global hingga dua trilyun dolar.

Perdana Menteri Australia Tony Abbot mengatakan delegasi dari 20 negara dengan tingkat perekonomian terbesar di dunia itu seharusnya memusatkan perhatian pada isu-isu ekonomi, meski ada situasi keamanan di Ukraina, perselisihan wilayah di kawasan dan perdebatan terkait pemanasan global.

Abbot menambahkan rencana pertumbuhan ekonomi itu akan menambah jutaan lapangan kerja dan mendorong perekonomian dalam lima tahun ke depan lewat perdagangan bebas dan lebih banyak investasi pada infrastruktur.

Setiap negara diperkirakan akan menyajikan rencana dalam KTT G20 ini tentang bagaimana mereka akan memberi kontribusi guna mencapai target dua triyun dolar tersebut.

KTT G20 akan berakhir hari Minggu dengan dikeluarkannya kesimpulan tentang apa yang telah dicapai negara-negara anggota selama ini dan target di masa depan.

XS
SM
MD
LG