Tautan-tautan Akses

Perancis Bersiap Hadapi Pemogokan Massal


Para pelaju memasuki stasiun kereta Montparnasse di Paris, pada malam menjelang pemogokan nasional untuk memprotes rencana merombak sistem pensiun, 4 Desember 2019. (Foto: AFP)

Perancis sedang bersiap menghadapi pemogokan nasional yang rencananya digelar Kamis (5/12) pagi waktu setempat. Mogok massal itu diperkirakan dapat melumpuhkan kegiatan di negara itu.

Serikat buruh Perancis telah menyerukan pemogokan atas rencana Presiden Emmanuel Macron untuk merombak sistem pensiun.

Di Paris, serikat pekerja berencana untuk berunjuk rasa pada hari ini, Kamis. Untuk mengantisipasi unjuk rasa itu, polisi memperingatkan semua toko, kafe, dan restoran di sepanjang rute demo untuk tutup pada hari ini.

Hotel-hotel di Paris melaporkan banyak tamu yang membatalkan pesanan kamar karena mereka mengalihkan rencana bepergian. Sebagian besar sistem Metro Paris akan ditutup. Juga semua layanan kereta api nasional dan internasional.

Sebagian besar akan berdampak pada penerbangan, karena pengawas lalu lintas udara telah mengumumkan rencana untuk bergabung dengan pada pengunjuk rasa hingga Sabtu (7/12). Serikat guru, pekerja dinas pos dan sebagian besar pegawai negeri sipil juga berencana untuk ikut berunjuk rasa.

Kepala Kepolisian Paris Didier Lallement mengatakan, 6.000 petugas dikerahkan di tengah kekhawatiran kekerasan dan perusakan properti. Protes dilarang di Champs-Elysees di sekitar istana presiden, Parlemen dan Katedral Notre Dame. [ps/ft]

XS
SM
MD
LG