Tautan-tautan Akses

Penyiar TV Afghanistan dan Sopirnya Tewas Ditembak


Proses pemakaman jurnalis Malala Maiwand di Jalalabad, timur Kabul, Afghanistan, Kamis, 10 Desember 2020.

Dua pria bersenjata membunuh seorang jurnalis wanita dan sopirnya di provinsi Nangarhar, Afghanistan, Kamis (10/12) pagi.

Malalai Maiwand sedang dalam perjalanan menuju tempat kerjanya di ibu kota provinsi, Jalalabad, ketika dua pria bersenjata melepaskan tembakan ke mobilnya.

Haji Zalamy, direktur radio dan televisi Enikass tempat Maiwand bekerja, mengatakan jurnalis itu meninggal di tempat sementara sopirnya, Tahir Khan, meninggal dunia kemudian di rumah sakit karena luka-lukanya.

Afiliasi lokal ISIS, ISIS-Khorasan, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Zalamy mengatakan bahwa stasiun tersebut telah menerima ancaman keamanan tetapi tidak spesifik untuk individu mana pun.

Stasiunnya diserang beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dalam ledakan bom dan serangan roket. Zalmay sendiri pernah diculik untuk mendapatkan uang tebusan dan dibebaskan setelah enam bulan.

Maiwand telah bekerja untuk Enikass TV selama delapan tahun, di mana ia membawakan acara pagi.

Presiden Ashraf Ghani, bersama dengan beberapa duta besar di Kabul dan Uni Eropa, mengutuk pembunuhan itu, seperti halnya media dan kelompok-kelompok HAM di Afghanistan.

Kantor Uni Eropa di Afghanistan mengatakan dalam cuitan di Twitter bahwa serangan terhadap “perwakilan media adalah serangan terhadap kebebasan berbicara dan tidak pernah dapat ditoleransi. Kami berharap kejahatan keji ini akan diselidiki & pelakunya dibawa ke pengadilan.”

Ross Wilson, kuasa usaha di kedutaan besar Amerika di Kabul, menuntut agar “para pembunuh dibawa ke pengadilan.”

Pembunuhan Maiwand terjadi beberapa hari setelah Uni Eropa, NATO, dan Amerika Serikat mengeluarkan pernyataan bersama yang keras menentang pembunuhan yang menarget jurnalis, pemimpin agama, aktivis HAM, pelajar dan mahasiswa, aktivis LSM, dan warga sipil lainnya di Afghanistan. [lt/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG