Tautan-tautan Akses

Penyelenggara akan Bagikan 150 Ribu Kondom dalam Olimpiade


Desa atlet Olimpiade Tokyo 2020, di Tokyo, 7 April 2021. (Foto: Kim Kyung-Hoon/Reuters)

Penyelenggara Olimpiade Tokyo berencana membagikan sekitar 150 ribu kondom dalam perhelatan bulan depan. Namun, panitia mengimbau para atlet untuk membawanya pulang, daripada menggunakannya di desa Olimpiade di mana peraturan jaga jarak dan protokol kesehatan diutamakan.

Sejumlah besar kondom telah dibagikan dalam pertandingan sejak Olimpiade di Seoul pada 1988 untuk meningkatkan pemahaman akan HIV/ AIDS. Dan penyelenggara mengatakan Komite Olimpiade Internasional telah meminta agar gerakan itu tetap dilanjutkan.

Namun, para atlet diimbau untuk saling menjaga jarak. Artinya, lebih kecil peluang untuk bersosialisasi dan lain-lain.

"Pembagian kondom bukan untuk digunakan di desa atlet, tapi untuk dibawa pulang ke negara mereka masing-masing untuk meningkatkan pemahaman akan isu-isu HIV dan AIDS, kata Tokyo 2020 lewat email kepada Reuters

Para penyelenggara telah melarang penonton dari luar negeri. Mereka mengimbau kepada para penonton yang akan hadir untuk memberi dukungan dengan bertepuk tangan saja, dan tidak berteriak atau bernyanyi, guna mengurangi risiko penyebaran virus.

"Kami harus melakukan apa yang bisa dilakukan untuk memastikan agar wabah tidak terjadi, dan kami perlu kerja sama dari para atlet dan delegasi untuk menyukseskannya," tambahnya. [vm/ft]

Medali Olimpiade Rio 2016

XS
SM
MD
LG