Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Siap Kirim Pasukan Tambahan ke Perbatasan AS-Meksiko


Pejabat Menteri Pertahanan AS, Patrick Shanahan berbicara di Pentagon.

Departemen Pertahanan Amerika sedang bersiap-siap mengirim pasukan tambahan ke perbatasan Meksiko, walaupun sebagian anggota Kongres mempertanyakan kebijaksanaan mengirim pasukan ke kawasan itu, yang katanya untuk memasang kawat berduri.

Pejabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan mengatakan beberapa ribu tentara lagi kemungkinan akan dikirim ke perbatasan, atas permintaan Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Saat ini ada kira-kira 2.300 tentara di perbatasan, turun dari jumlah 5.900 orang pada akhir tahun. Sidang dengar pendapat komite angkatan bersenjata DPR hari Selasa diadakan ketika DPR dan Presiden sedang mengusahakan penyelesaian sengketa mereka tentang dana pembangunan tembok di perbatasan.

Trump mengatakan ia harus mendapat dana 5,7 milyar dollar, tapi kelompok Demokrat berkeras tidak akan memberikan satu dollar pun. Kedua pihak punya waktu sampai tanggal 15 Februari untuk mencapai kata sepakat ketika pendanaan sementara kegiatan pemerintah akan habis.

Presiden Trump telah mengancam akan kembali menutup pemerintah federal, atau ia akan mengumumkan keadaan darurat supaya bisa menggunakan dana lain untuk membangun tembok itu. (ii)

XS
SM
MD
LG