Tautan-tautan Akses

Pentagon Konfirmasi Serangan Iran ke Pangkalan AS di Irak


Ledakan setelah rudal-rudal balistik ditembakkan ke Pangkalan Udara Ain al-Asad di Irak, 8 Januari 2020. (Foto: Iran Press via Reuters.

Iran telah menembakkan lebih dari selusin rudal balistik ke setidaknya dua pangkalan udara Irak yang menjadi pangkalan pasukan Amerika Serikat, kata juru bicara Pentagon.

Laporan awal menyebut pangkalan udara al-Assad terkena tembakan roket. Namun Pentagon kemudian mengatakan pangkalan udara Irbil juga menjadi sasaran tembakan rudal balistik. Ada laporan yang belum jelas bahwa kamp Taji, 27 km sebelah utara Baghdad juga diserang.

Juru bicara Pentagon mengatakan “jelas” misil-misil itu ditembakkan dari Iran.

Pasukan Garda revolusi Iran dalam sebuah pernyataan mengatakan telah melancarkan serangan yang sukses atas pangkalan-pangkalan militer Irak yang menampung pasukan Amerika. Mereka menyebutnya sebagai “pembalasan atas pembunuhan” Jenderal Qassem Soleimani.

Belum ada laporan tentang kerusakan atau pun korban, tetapi Pentagon mengatakan sedang mengadakan penyelidikan untuk melihat dampak serangan itu.

Sumber jaringan televisi CNN mengatakan ada korban di antara warga Irak dalam serangan atas pangkalan udara al Assad itu, tetapi tidak ada penjelasan yang lebih rinci.Gedung putih mengatakan, Presiden Donald Trump telah diberitahu tentang serangan itu, dan sedang mengadakan konsultasi dengan tim keamanan nasionalnya.

Sementara itu, para pakar Timur Tengah memperingatkan bahwa kawasan itu mungkin akan dilanda aksi-aksi kekerasan baru.

Pejabat Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani, Selasa (7/1/2020) mengungkapkan bahwa dewan itu sedang mempertimbangkan 12 “skenario pembalasan.”

“Kalaupun ada konsensus tentang skenario paling lunak yang akan dijalankan, skenario itu akan menjadi mimpi paling buruk bagi Amerika,” kata Shamkhani seperti dikutip oleh kantor berita setengah resmi Fars.

Sebagian pengamat keamanan Timur Tengah mengatakan, serangan Iran atas pangkalan udara al-Assad di Anbar dan pangkalan Irbil di Kurdistan merupakan eskalasi besar konflik Amerika dan Iran, yang mungkin akan diikuti oleh aksi-aksi kekerasan oleh kelompok-kelompok proksi Iran untuk menyerang kepentingan Amerika dan sekutunya di kawasan itu. [ii/ft]

Lihat komentar (4)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG