Tautan-tautan Akses

AS

Pentagon Akui Danai Program Rahasia Penyelidikan UFO


Penanda batas antar negara bagian terlihat di Franconia Notch, N.H., 14 September 2011. Penanda itu berisi kisah Betty dan Barney Hill yang 50 tahun lalu melaporkan mereka melihat benda berbentuk piringan besar sedang terbang dan kemudian mengaku, setelah proses hipnotis, bahwa mereka telah diculik oleh makhluk luar angkasa.

Pentagon mengakui program rahasia penyelidikan UFO itu berakhir 2012, ketika para pejabat Departmen Pertahanan pemerintah mengalihkan perhatian dan pendanaan ke prioritas lain.

Harian New York Times melaporkan, program itu masih berjalan, dan pejabat-pejabat terus mempelajari insiden yang dialami anggota dinas militer Amerika saat melakukan tugas rutin di markas besar, Pentagon, yang menarik perhatian mereka.

Program, yang disebut Advanced Aviation Threat Identification, beroperasi dari 2007 sampai 2012 dan mendapat dana 22 juta dolar setahun, menurut Times, yang mengutip peserta program dan catatan.

Program tersebut menghasilkan dokumen yang menggambarkan penampakan pesawat tak dikenal yang tampak bergerak sangat cepat tanpa penggerak yang terlihat jelas atau tampak melayang, kata Times.

Pejabat program juga mempelajari video yang merekam adanya benda tak dikenal dan pesawat militer Amerika.

Dokumen itu menambahkan, yang dipelajari termasuk video yang dirilis Agustus lalu, yang menunjukkan benda lonjong keputihan seukuran pesawat jet, sedang dikejar dua jet tempur Angkatan Laut Amerika dari kapal induk di lepas pantai California pada 2004.

Dalam pernyataan, Departemen Pertahanan mengatakan program tersebut kini telah berakhir. [ka]

XS
SM
MD
LG