Tautan-tautan Akses

AS

Penjualan Rumah AS Naik secara Signifikan Setahun Terakhir


Selama 12 bulan terakhir, penjualan rumah naik secara signifikan di Amerika (foto: ilustrasi).

Warga Amerika menahan diri untuk membeli rumah pada Februari lalu, kemunduran setelah penjualan yang melonjak ke laju tercepat dalam satu dekade pada Januari lalu. Tetapi selama 12 bulan terakhir ini, penjualan rumah naik secara signifikan.

Asosiasi Realtor Amerika hari Rabu (22/3) mengatakan tingkat penjualan rumah turun 3,7% bulan Februari lalu ke tingkat tahunan yang disesuaikan menurut musim yaitu 5,48 juta. Penurunan ini mungkin hanya merupakan penurunan sementara, setelah kenaikan tajam penjualan Januari lalu.

Rekrutmen dan pemulihan ekonomi yang stabil telah memicu permintaan pembeli rumah yang lebih besar. Selama setahun terakhir pembelian rumah naik 5,4%. Pada saat yang sama, pertumbuhan penjualan telah dibatasi oleh kekurangan rumah di pasar.

Ketersediaan rumah yang terbatas dan risiko kenaikan suku bunga KPR mungkin sebenarnya bisa membuat pembelian rumah pada musim semi diawali dengan kenaikan tajam bulan ini. Tidak seperti tahun lalu ketika suku bunga KPR 30 tahun rata-rata berada pada kisaran 4%, tahun ini mungkin merasa harus bertindak lebih cepat sebelum suku bunga pinjaman naik dan kepemilikan rumah menjadi kurang terjangkau.

Jumlah rumah yang dijual telah anjlok 6,4% setahun terakhir ini menjadi 1,75 juta rumah, hanya sedikit lebih tinggi dibanding Januari lalu ketika rumah yang diiklankan anjlok ke tingkat terendah sejak Realtors mulai melacak data-data ini pada tahun 1999.

Jumlah rumah yang dijual dalam 21 bulan terakhir ini terus menurun. Dengan jumlah rumah yang terbatas, nilai rumah meningkat sehingga menjadi beban keuangan yang lebih besar bagi calon pembeli rumah.

Harga penjualan rata-rata meningkat 7,7% dari setahun yang lalu menjadi 228.400 dolar, lebih dari dua kali lipat laju kenaikan upah rata-rata.

Tahun lalu suku bunga KPR yang rendah telah sedikit mengurangi tekanan itu. Tetapi menurut Freddie Mac, tingkat suku bunga tetap hipotik rata-rata 30 tahun pekan lalu mencapai 4,3% pekan lalu, atau naik dari rata-rata 3,65% tahun lalu.

Februari lalu penjualan rumah turun di bagian Northeast, Midwest dan Barat Amerika, dan naik sedikit di Selatan. [em/ds]

XS
SM
MD
LG