Tautan-tautan Akses

AS

Penjualan Mobil AS 2017 Turun


Seorang calon pembeli sedang melihat Ford F-250 Lariat FX4 di agen penjualan Ford diHialeah, Florida, 18 Januari 2017.

Penjualan mobil di Amerika Serikat turun 2 persen pada 2017, dibandingkan tahun sebelumnya. Ini adalah penurunan pertama dalam tujuh tahun.

Pabrik mobil Ford Motor melaporkan, Rabu (3/1), bahwa penjualan mobil baru turun 1 persen. Hal yang sama juga yang terjadi pada General Motors. Fiat Chrysler melaporkan penurunan 8 persen dibanding dengan 2016. Tapi Volkswagen mengatakan penjualan di Amerika naik 5 persen.

Meskipun terjadi penurunan, industri mobil ini menjual 17,2 juta mobil, hingga menjadikan 2017 tahun penjualan terbaik keempat dalam sejarah Amerika setelah tahun 2000, 2015 dan 2016, menurut Kelley Blue Book.

Untuk tahun ke-36 berturut-turut, truk pickup Seri F buatan Ford tetap menjadi kendaraan terlaris di Amerika. Mercedes-Benz adalah jenis mobil mewah paling laku, walaupun penjualannya turun 1 persen.

Para analis memperkirakan penjualan mobil akan turun pada 2018 karena suku bunga lebih tinggi. Tetapi mereka mengatakan penurunan penjualan itu juga disebabkan kualitas kendaraan itu sendiri.

Model yang lebih baru lebih tahan lama sehingga pengemudi mempertahankan mobil mereka lebih lama. Umur rata-rata kendaraan di Amerika telah meningkat menjadi 11,6 tahun, naik dari 8,8 tahun pada 1998.

Meskipun mengalami penurunan, industri otomotif tetap kuat. Harga rata-rata kendaraan baru mencapai tingkat tertinggi tahun lalu , yaitu 36.113 dolar, karena pemilik mobil membeli kendaraan SUV yang lebih besar dengan teknologi lebih bagus.

"Ini tetap merupakan industri yang menggairahkan dan faktor-faktor yang mendukungnya masih sangat positif," kata kepala bidang penjualan Ford di Amerika, Mark LaNeve. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG