Tautan-tautan Akses

Penjaga Pantai AS Selamatkan 3 Orang Kuba dari Pulau Terpencil


Kepulauan Bahamas terlihat dari jendela wahana antariksa NASA, 26 Desember 2015.
Kepulauan Bahamas terlihat dari jendela wahana antariksa NASA, 26 Desember 2015.

Para pejabat Penjaga Pantai AS (U.S. Coastguard), Rabu (10/2), mengatakan seorang awak helikopter penjaga pantai menyelamatkan dua pria dan seorang perempuan dari sebuah pulau terpencil tempat mereka tampaknya telah terdampar selama lebih dari sebulan.

Dalam sebuah pernyataan, Penjaga Pantai mengatakan tiga orang pada awalnya terlihat pada Senin (8/2) oleh helikopter Penjaga Pantai ketika terbang di atas pulau yang tidak berpenghuni di kawasan Bahama itu antara kota Key West, Florida di Amerika dan Kuba saat melakukan patroli rutin. Ketiganya kemudian diidentifikasi sebagai warga negara Kuba.

Kru helikopter mengatakan ketiga orang yang terdampar itu terlihat melambaikan tangan. Kru helikopter kemudian menjatuhkan makanan, air, dan radio untuk menjalin komunikasi.

Pernyataan itu mengatakan Penjaga Pantai mengirim helikopter kedua pada Selasa (9/2) untuk menjemput mereka. Mereka memberi tahu petugas bahwa perahu mereka terbalik di perairan yang ganas dan mereka bisa berenang ke pulau itu. Media lokal melaporkan bahwa mereka bertahan hidup dengan makan kelapa, keong dan tikus.

Di Twitter, pejabat Penjaga Pantai mengatakan seorang agen Patroli Perbatasan Amerika menjemput ketiga warga Kuba itu pada Rabu dan menyerahkan mereka ke badan Penegakan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika. Laporan berita lokal mengatakan mereka dibawa ke Amerika untuk pemeriksaan kesehatan. [lt/em]

XS
SM
MD
LG