Tautan-tautan Akses

AS

Penjabat Menteri Pertahanan AS Kunjungi Afghanistan


Penjabat Menteri Pertahanan Amerika, Pat Shanahan, di Camp Commando, Afghanistan, 11 Februari 2019.

Penjabat Menteri Pertahanan Amerika, Pat Shanahan, tiba di Afghanistan hari Senin (11/1) untuk bertemu dengan para pemimpin Afghanistan dan panglima militer di negara itu.

Kunjungan itu dilakukan ketika para negosiator berupaya mencapai kesepakatan damai untuk mengakhiri perang yang dimulai pada 2001.

Shanahan mengatakan kepada para wartawan yang pergi bersamanya bahwa dia ingin menekankan kepada para pejabat Afghanistan pentingnya keterlibatan mereka dalam diskusi tentang apa yang terjadi di negara mereka.

“AS memiliki investasi yang signifikan dalam memastikan teciptanya keamanan, tetapi rakyat Afghanistan sendiri yang memutuskan masa depan mereka,” katanya.

Pemerintahan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani belum menjadi bagian dari pembicaraan yang sedang berlangsung antara utusan Amerika Zalmay Khalilzad dan Taliban.

Khalilzad mengatakan pekan lalu bahwa dia yakin perjanjian damai dapat dicapai sebelum pemilihan presiden Afghanistan pada bulan Juli. Dia dan timnya dijadwalkan bertemu lagi dengan Taliban di Qatar pada tanggal 25 Februari untuk mengadakan diskusi lebih lanjut

Shanahan mengatakan Pentagon “memainkan peran penting dalam memfasilitasi dialog seputar diskusi kerangka kerja itu,” dan berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Penasihat Keamanan Nasional John Bolton. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG