Tautan-tautan Akses

AS

Pengusaha Richard Branson Meluncur ke Angkasa dengan Roket “Unity”


Pengusaha Richard Branson memanggul Sirisha Bandla saat merayakan keberhasilan peluncuran "Unity" ddekat Consequences, New Mexico, Minggu (11/3).

Pengusaha Richard Branson hari Minggu (11/7) meluncur ke luar angkasa dengan pesawat roket bersayap miliknya sendiri dalam petualangannya yang paling berani, mengalahkan sesama miliarder, Jeff Bezos.

Branson, yang berusia hampir 71 tahun, bersama lima awak perusahaan pariwisata ruang angkasa “Virgin Galactic” miliknya, mencapai ketinggian sekitar 88 kilometer di atas gurun New Mexico selama tiga hingga empat menit tanpa bobot dan melihat kelengkungan bumi, sebelum meluncur kembali ke landasan pacu dengan aman.

“Tujuh belas tahun kami bekerja keras untuk mencapai hal ini,” ujar Branson dengan berseri-seri ketika memberi selamat kepada timnya di pesawat antariksa berwarna putih yang ramping itu dalam perjalanan pulang mereka. Pesawat itu diberi nama “Unity.”

Kerumunan penonton bersorak-sorai dan berteriak ketika pesawat itu kembali mendarat. Sebagian melompat ke udara. Lainnya saling berpelukan.

Penerbangan naik turun yang singkat itu dimaksudkan untuk mendorong kepercayaan diri “Virgin Galactic,” yang berencana mulai membawa pelanggan yang membayar untuk pelesiran dalam waktu singkat tahun depan.

Branson menjadi orang pertama yang meluncur di pesawat ruang angkasanya sendiri, mengalahkan Bezos dengan sembilan hari lebih cepat.

Ia juga menjadi tokoh berusia di atas 70 tahun kedua yang berangkat ke luar angkasa. [em/jm]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG