Tautan-tautan Akses

Pengurangan Tentara AS di Korea Mungkin Tak Dibahas di Singapura


Tentara AS dan Korea Selatan berpose di jembatan Sungai Hantan River di Yeoncheon, Korea Selatan, 10 Desember 2015.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan dia tidak yakin pengurangan jumlah pasukan AS di Korea Selatan akan menjadi bahan pembicaraan ketika Presiden Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un bertemu di Singapura, Selasa (12/6/2018).

"AS dan Korea Selatan tidak terlibat dalam pembicaraan apapun mengenai pengurangan pasukan AS," kata Mattis kepada wartawan, Selasa (12/6/2018). Ia menambahkan bahwa tingkat pasukan AS di Korea Selatan "bukanlah urusan negara lain.”

Ditanya tentang apakah jumlah pasukan AS akan menjadi agenda di Singapura, Mattis menjawab, "Saya kira tidak."

Mattis menambahkan, "terlalu dini" untuk membicarakan tentang jumlah pasukan AS di Korea Selatan, sebelum ada hasil perundingan antara kedua pemimpin pada Selasa.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, Kepala Staf John Kelly dan Penasihat Keamanan Nasional, John Bolton juga akan dilibatkan dalam pertemuan bilateral.

Mattis tidak menghadiri KTT, tetapi salah seorang asisten sekretarisnya yang diikutkan sebagai penasihat kebijakan militer. "Tugas saya adalah mencari solusi guna mendukung para diplomat," kata Mattis. "Kita harus melihat apa yang terjadi." [ps/ii]

XS
SM
MD
LG