Tautan-tautan Akses

Pengungsi Venezuela di Kolombia Bisa Capai 4 Juta Pada 2021


Para migran Venezuela kemping di sebuah taman dekat terminal bus di Bogota, Kolombia, 7 September 2018.

Menteri Luar Negeri Kolombia Carlos Holmes Trujillo mengatakan, Selasa (2/10), jumlah migran Venezuela di Kolombia bisa membengkak menjadi 4 juta orang pada 2021, jika krisis di Venezuela yang sosialis itu memburuk.

Lebih dari 2 juta warga Venezuela mengungsi dari negeri mereka dalam beberapa tahun belakangan untuk menyelamatkan diri dari kekurangan pangan dan obat-obatan, yang diperparah oleh krisis ekonomi dan politik. Sekitar satu juta orang sekarang tinggal di Kolombia yang berpenduduk 50 juta.

“Jika situasi memburuk, kita bisa bicara tentang 4 juta warga Venezuela yang hidup di Kolombia,” kata Trujillo dalam suatu forum migrasi di Bogota dengan merujuk angka perkiraan dari sebuah studi pemerintah, yang katanya akan diterbitkan pekan depan.

Beberapa pemerintah di Amerika Selatan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan finansial migran itu yang sering kali tiba tanpa bekal yang memadai.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro dan pemerintahan Partai Sosialisnya menepiskan hitungan resmi tentang jumlah migran itu dan mencapnya bermotif politis sebagai alasan untuk membenarkan intervensi asing dalam kekacauan yang terjadi di negerinya. [al]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG