Tautan-tautan Akses

Penghentian Operasi Pemerintah AS Masuki Hari Ketiga


Ketua DPR John Boehner memberikan keterangan kepada media seusai pertemuan dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih (2/10).
Ketua DPR John Boehner memberikan keterangan kepada media seusai pertemuan dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih (2/10).

Penghentian parsial operasi pemerintah Amerika telah memasuki hari ketiga, Kamis (3/10) tanpa tanda-tanda kebuntuan tersebut akan berakhir.

Para pemimpin Kongres Amerika bertemu dengan Presiden Barack Obama sekitar satu jam Rabu malam (2/10), tapi mereka muncul dari pertemuan tertutup itu tanpa kemajuan mengenai kebuntuan anggaran yang memicu penghentian operasi pemerintah tersebut.

Ketua DPR John Boehner mengatakan Presiden Obama memberitahunya bahwa ia tidak akan menegosiasikan kesepakatan supaya pemerintah kembali beroperasi. Boehner, dari fraksi Republik, mengatakan ia memberitahu presiden ia menginginkan diskusi tentang apa yang disebutnya “keadilan” terkait program perawatan kesehatan yang diusulkan Obama, Undang-undang Layanan Terjangkau.

Fraksi Republik ingin mengaitkan pendanaan pemerintah ke penundaan atau pembatalan pendanaan program perawatan kesehatan tersebut.

Pemimpin Fraksi Demokrat di Senat, Harry Reid, mengatakan Demokrat bersedia berbicara dengan fraksi Republik tentang apa saja yang mereka inginkan, asalkan rancangan undang-undang belanja disetujui dan penghentian operasi pemerintah diakhiri.

Gedung Putih menyebut pertemuan hari Rabu (2/10) itu bermanfaat dan mengatakan presiden senang pertemuan itu dilakukan. Tetapi, sebelum pertemuan itu, Obama mengatakan kepada stasiun televisi CNBC, ia telah berusaha sekuat tenaga untuk bekerja dengan fraksi Republik. Ia mengatakan kejengkelannya, dan menyatakan penghentian operasi pemerintah sama sekali tidak perlu.

Recommended

XS
SM
MD
LG