Tautan-tautan Akses

Penggerebekan Ruang Redaksi di Kansas Ungkap 2.500 Koran di AS yang Tutup Sejak 2005


Setumpuk edisi terbaru koran lokal Kansas, Marion County Record, diletakkan di bagian belakang gedung koran itu di Marion, Kansas, untuk dipilah dan dikirimkan ke pelanggan, 16 Agustus 2023. (Foto: John Hanna/AP Photo)
Setumpuk edisi terbaru koran lokal Kansas, Marion County Record, diletakkan di bagian belakang gedung koran itu di Marion, Kansas, untuk dipilah dan dikirimkan ke pelanggan, 16 Agustus 2023. (Foto: John Hanna/AP Photo)

Mulai dari kesulitan ekonomi hingga akuisisi perusahaan, keberadaan news deserts atau komunitas yang penduduknya tidak punya akses signifikan ke berita dan informasi yang penting, semakin meluas di AS. Hal ini berkontribusi meningkatkan informasi yang salah dan menurunkan kepercayaan kepada media.

Sebuah ruang redaksi surat kabar Marion County Record di negara bagian Kansas digerebek aparat kepolisian pada Agustus lalu, saat polisi menyelidiki keluhan dari seorang pemilik bisnis. Media di seluruh Amerika Serikat (AS) dan Eropa menggambarkan aksi penggerebekan itu sebagai hal yang “mengerikan” dan “memicu kecaman luas.”

Marion County Record adalah sebuah surat kabar berusia hampir 150 tahun yang didirikan oleh keluarga Hoch yang disegani karena kepiawaiannya berpolitik di Kansas. Hoch mengelola surat kabar lokal itu hingga 1998, dan ketika menghadapi masalah keuangan, keluarga salah seorang pekerja, yaitu Eric Meyer membeli surat kabar itu.

Pergantian kepemilikan tidak membuat Marion County Record menurunkan pemberitaan yang dikenal tajam, terutama terhadap keputusan pemerintah daerah dan pertanggungjawaban pejabat-pejabat yang berwenang.

Tindakan polisi terhadap Marion County Record pada 11 Agustus merupakan suatu hal yang relatif jarang terjadi di Amerika, tetapi beberapa analis mengatakan hal itu menggarisbawahi peran media dan bagaimana penurunan jumlah media lokal mempengaruhi masyarakat.

Penggerebekan ini terjadi ketika kantor-kantor berita di seluruh AS, khususnya di Midwest, sedang berjuang untuk bertahan hidup.

Kantor Marion County Record di Marion, Kansas, 13 Agustus 2023. (Foto: John Hanna/AP Photo)
Kantor Marion County Record di Marion, Kansas, 13 Agustus 2023. (Foto: John Hanna/AP Photo)

Menurut Northwestern University Local News Initiative, sejak 2005 AS telah kehilangan sekitar 2.500 surat kabar dan diperkirakan akan kehilangan sepertiga lainnya pada 2025. Penutupan surat kabar ini sering kali disebabkan oleh kondisi ekonomi yang sulit dan meningkatnya penggunaan internet.

Tren ini meningkatkan apa yang disebut dengan istilah news deserts, yaitu kota-kota tidak lagi mempunyai laporan khusus tentang urusan tata kelola kota dan daerah secara berkala.

Emily Bradbury dari Kansas Press Association mengatakan dengan tidak adanya wartawan yang meliput rapat dewan kota atau dewan sekolah, masyarakat setempat kehilangan sumber informasi yang penting.

“Jadi itulah sebabnya mengapa publik harus peduli pada insiden seperti di Kansas, dan mengapa insiden itu sangat penting. Marion County Record adalah pengawas sejati bagi masyarakat, dan sekaligus suatu cara untuk memberikan informasi pada warga tentang apa yang sedang terjadi di komunitas mereka," kata Emily.

Penggerebekan ruang redaksi sangat jarang terjadi, tetapi para analis melihat terjadinya peningkatan gugatan hukum dan penyitaan, yang menurut mereka sulit dilawan oleh media-media yang lebih kecil. Hal lainnya adalah menurunnya kepercayaan pada jurnalisme. Kembali Emily Bradburry.

"Ini adalah masalah sosial yang lebih besar. Kami memiliki perbedaan pendapat yang nyata tentang apa yang merupakan fakta dan apa yang merupakan opini," imbuh Emily.

Kansas Newspaper Raid
Kansas Newspaper Raid

Namun, di kota-kota yang masih memiliki surat kabar lokal, peran mereka sebagai pengawas publik sangat penting. Marion County Record telah melayani masyarakatnya selama 154 tahun dan tetap menjadi surat kabar yang dimiliki dan dikelola oleh keluarga.

"Sebelum hal ini terjadi, sirkulasi kami naik. Pendapatan iklan kami meningkat. Tidak banyak surat kabar yang bisa mengatakan hal itu. Ini karena kami berusaha menjadi surat kabar yang jujur," kata Eric Meyer, penerbit Marion County Record

Tim Stauffer, Presiden Asosiasi Pers Kansas (Kansas Press Association), mengatakan hubungan antara media lokal dan komunitas yang mereka liput merupakan hal penting.

"Banyak dari tempat-tempat ini benar-benar – saya tidak tahu apakah saya ingin mengatakan ‘diabaikan,’ tetapi mereka tidak mendapatkan banyak perhatian dari media-media negara bagian dan regional. Jadi, siapa yang tersisa untuk menceritakan kisah-kisah ini? Siapa yang tersisa untuk menceritakan draf pertama dari sejarah? Kehidupan di sini penting. Orang-orang di sini penting. Hubungan mereka unik," tutur Tim.

Penggerebekan Ruang Redaksi di Kansas Ungkap 2.500 Koran yang Tutup
Sejak 2005
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:04:21 0:00

Wartawan Marion County Record, Deb Gruver setuju dengan pandangan Tim.

"Mendapatkan informasi itu penting. Dan siapa yang akan meliput acara yang dihadiri 2.000 orang selain sebuah surat kabar lokal? Media berjaringan tidak akan melakukan hal ini," kata Deb.

Bagi sebagian wartawan dan analis, penggerebekan ruang redaksi di Kansas itu menjadi semacam peringatan pentingnya melindungi media lokal. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG