Tautan-tautan Akses

AS

Pengawas Departemen Luar Negeri : Menlu Tahu Sepenuhnya Soal Penyelidikan


Pengawas Internal Departemen Luar Negeri AS, Steve Linick, di Gedung Capitol, Washington, D.C., 2 Oktober 2019. (Foto: dok).

Seorang pengawas internal Departemen Luar Negeri yang pemecatannya mengejutkan para anggota kongres mengatakan, ia menginformasikan sepenuhnya kepada Menlu Mike Pompeo mengenai apa yang ia selidiki, meskipun diplomat tertinggi AS itu menyangkalnya.

Inspektur Jenderal Steve Linick diberhentikan pada Mei oleh Presiden Donald Trump atas saran Pompeo, sehingga mengakibatkan Partai Demokrat di Kongres menyelidiki apa yang mereka duga merupakan tindakan pembalasan yang ilegal.

Dalam sebuah wawancara dengan anggota kongres yang dirilis Rabu (10/6), Linick mengatakan seorang staf Pompeo, Brian Bulatao mencoba menghentikan pekerjaannya.

"Menurut saya kadang-kadang hubungan kerja bersifat profesional, namun di saat lain ia mem-bully (menggertak) atau mengancam saya," kata Linick.

Linick mengatakan Pompeo mengirim tanggapan tertulis, menolak wawancara langsung, dalam penyelidikan terhadap deklarasi darurat yang memungkinkan pemerintah Trump mengabaikan oposisi Kongres terhadap penjualan senjata kepada Arab Saudi. [my/jm]

XS
SM
MD
LG