Tautan-tautan Akses

Pengangguran AS Turun, Pertumbuhan Pekerjaan Melambat


Para pencari kerja menyerahkan formulir lamaran kerja dalam bursa karir di Miami Lakes, Florida (foto: ilustrasi).
Para pencari kerja menyerahkan formulir lamaran kerja dalam bursa karir di Miami Lakes, Florida (foto: ilustrasi).

Tingkat pengangguran di Amerika turun sedikit dalam bulan Juli, sementara angka penerimaan pekerja lebih rendah daripada perkiraan banyak analis.

Laporan Departemen Tenaga Kerja yang dirilis hari Jumat (3/8) menunjukkan tingkat pengangguran turun 10 persen menjadi 3,9 persen, salah satu angka terendah dalam beberapa tahun.

Ekonomi terbesar dunia itu juga menerima 157 ribu pekerja, lebih rendah daripada rata-rata bulanan sepanjang tahun ini.

Kalangan pakar menyatakan situasi itu disulut penutupan toko ritel, tetapi mengatakan pasar tenaga kerja tetap ketat, dengan lebih banyak lowongan daripada pekerjaan secara keseluruhan.

Tingkat pengangguran kurang dari 4 persen biasanya mendorong pengusaha menaikkan upah untuk menarik dan mempertahankan pekerja yang baik; tetapi, angka terbaru menunjukkan upah hanya naik 2,7 persen dalam setahun ini, sedikit lebih rendah dari tingkat inflasi, yang berarti upah sebenarnya sedikit menurun.

Peter Cramer dari Prime Advisors mengatakan alasan mengapa upah tidak naik lebih cepat adalah jumlah pekerja paruh waktu yang besar, tetapi menyusut. Mereka mendapat jam kerja lebih panjang atau penuh waktu. [ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG