Tautan-tautan Akses

Pengadilan Thailand Keluarkan Putusan Kasus Besar Penyelundupan Manusia


Para anggota keluarga korban penyelundupan manusia menunggu keputusan pengadilan dalam kasus yang melibatkan banyak pejabat Thailand dalam sidang pengadilan di Bangkok, Rabu (19/7).

Seorang jenderal angkatan darat Thailand termasuk di antara puluhan orang yang dinyatakan bersalah dalam pengadilan kasus besar penyelundupan manusia di Thailand.

Seorang hakim, Rabu, mulai menjatuhkan keputusannya terhadap lebih dari seratus terdakwa.

Para terdakwa, termasuk perwira milter, polisi, dan politisi daerah, ditangkap pada 2005 setelah puluhan kuburan dangkal ditemukan di hutan-hutan dekat perbatasan yang memisahkan Thailand dan Malaysia. Kuburan-kuburan itu ternyata bagian dari kamp penyelundup manusia yang menahan para migran sebagai sandera sampai keluarga mereka membayar uang tebusan. Banyak di antara korban meninggal karena kelaparan atau malaria.

Para migran itu termasuk anggota kelompok etnis Muslim Rohingya yang menghindari penindasan di negara bagian Rakhine, dan orang-orang Bangladesh yang mencari pekerjaan di Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Di antara mereka yang dinyatakan bersalah adalah Letnan Jendera Manas Kongpaen, pejabat militer tertinggi yang didakwa dalam pengadilan tersebut. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG