Tautan-tautan Akses

Pengadilan Tambah Hukuman bagi Bankir yang Selundupkan Lukisan Picasso


Lukisan Picasso bernilai 27,5 juta dolar AS yang berusaha diselundupkan.

Pengadilan Spanyol menaikkan hukuman terhadap seorang mantan presiden bank yang dinyatakan bersalah karena berupaya menyelundupkan lukisan Pablo Picasso ke luar negeri.

Pengadilan Madrid hari Selasa (4/2) mengumumkan untuk menaikkan hukuman terhadap mantan bankir Jaime Botin, dari 18 bulan menjadi tiga tahun penjara. Langkah itu diambil setelah tim jaksa mendeteksi kesalahan dalam putusan hakim semula yang dijatuhkan bulan lalu.

Pengadilan juga menaikkan jumlah denda yang dikenakan dari 52,4 juta euro menjadi 91,7 juta euro.

Sidang pengadilan tahun lalu juga mendengar bagaimana pada tahun 2015 tim pakar Kepolisian Spanyol terbang ke Corsica, pulau milik Perancis, untuk mengambil lukisan “Head of Young Woman,” yang merupakan karya utama Pablo Picasso. Pemerintah Spanyol pada tahun 2012 mengatakan lukisan yang bernilai sekitar 27,5 juta dolar itu, tidak dapat dibawa ke luar negeri.

Lukisan itu milik Botin, paman Ana Botin, presiden kelompok perbankan Santander yang berpengaruh.

Pihak berwenang di Corsica mengatakan mereka mendapat informasi tentang upaya penyelundupan lukisan berharga itu dari Spanyol dengan menggunakan kapal. Mereka mengatakan lukisan minyak yang berasal dari “periode merah muda” dan menampilkan seorang perempuan berambut hitam panjang itu, disita ketika kapten kapal tidak dapat menunjukkan dokumen yang tepat. [em/ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG