Tautan-tautan Akses

Pengadilan Suu Kyi Dipindahkan ke Kompleks Penjara Myanmar


Ilustrasi - Aung San Suu Kyi (kiri) dan presiden yang ditahan Win Myint (kanan ) dalam sidang pertama mereka di Naypyidaw, 24 Mei 2021, sejak militer menahan mereka dalam kudeta pada 1 Februari 2021. (Foto: Handout / KEMENTERIAN INFORMASI MYANMAR / AFP)

Sidang pengadilan bagi pemimpin terguling Myanmar Aung San Suu Kyi akan dipindahkan ke kompleks penjara di ibu kota yang dibangun militer, Naypyidaw, kata sumber yang mengetahui kasus tersebut, Selasa (21/6).

Suu Kyi, 77, peraih Nobel, ditahan militer yang menggulingkan pemerintahnya tahun lalu. Ia menghadapi rangkaian tuduhan yang bisa membuatnya dipenjarakan lebih dari 150 tahun.

Sejak itu ia dikurung di lokasi yang dirahasiakan di Naypyidaw. Ia hanya boleh keluar untuk menghadiri sidang.

Sidang mendatang "akan dilakukan di Pengadilan Khusus baru di dalam penjara Naypyidaw" setelah gedung pengadilan baru itu selesai dibangun di dalam kompleks itu, kata sumber yang mengetahui kasus tersebut. Sumber itu tidak merinci lebih lanjut.

Pengacara Suu Kyi dilarang berbicara kepada media dan jurnalis dilarang menghadiri persidangannya. Di bawah rezim junta sebelumnya, ia menjalani tahanan rumah di rumah keluarganya di Yangon, kota terbesar Myanmar. [ka/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG