Tautan-tautan Akses

Pengadilan Rusia Turunkan Hukuman Seorang Aktor yang Terlibat Demo


Aktor Rusia Pavel Ustinov memberikan keterangan kepada media seusai sidang di Moskow, Rusia, 30 September 2019. (Foto: dok).

Sebuah pengadilan Rusia, Senin (30/9), menurunkan hukuman penjara yang dijatuhkan kepada seorang aktor Moskow yang divonis bersalah karena menyerang polisi menjadi hukuman yang ditangguhkan. Kasus itu memicu kemarahan publik dan dikecam sebagai usaha mengintimidasi demonstran anti-pemerintah.

Pengadilan Kota Moskow memutuskan bahwa Pavel Ustinov seharusnya dihukum satu tahun penjara yang ditangguhkan, dan bukan tiga tahun penjara.

Ustinov, 24, dinyatakan bersalah sebelumnya bulan ini karena menyerang seorang polisi pada sebuah demonstrasi. Ia menyatakan dirinya tidak bersalah dan ditangkap ketika sedang menunggu seorang teman di sebuah stasiun kereta bawah tanah. Polisi mengatakan, ia menolak ditahan dan mencederai polisi.

Video dari lokasi kejadian menunjukkan, Ustinov disergap sejumlah polisi ketika sedang melihat ponselnya di dekat lokasi demonstrasi. Pengadilan lebih rendah menolak untuk menerima rekaman video itu sebagai bukti.

Polisi yang cedera mengatakan sebelumnya di pengadilan itu, ia mencurigai Ustinov sedang mengoordinasikan kerusuhan lewat ponselnya. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG