Tautan-tautan Akses

Pengadilan Perancis Putuskan Mantan Kepala IMF Akan Diadili Terkait Prostitusi


Dominique Strauss-Kahn saat melakukan wawancara pertama dengan stasiun TV Perancis, TF1 sejak bebas dari tuduhan perkosaan di New York, 18/9. (Foto:dok)
Dominique Strauss-Kahn saat melakukan wawancara pertama dengan stasiun TV Perancis, TF1 sejak bebas dari tuduhan perkosaan di New York, 18/9. (Foto:dok)

Pengadilan di Perancis Utara telah memutuskan bahwa mantan Kepala IMF, Dominique Strauss-Kahn, harus diadili atas tuduhan sebagai mucikari.

Kasus ini berpusat di sekitar tuduhan bahwa Strauss-Kahn terlibat dengan rekan-rekan bisnisnya dalam menjalankan jaringan prostitusi di Perancis Utara dan Belgia.

Kepolisian Prancis mengatakan, perempuan-perempuan panggilan kelas atas dibayar untuk menghadiri pesta seks di Washington, Paris dan Brussel, dan bahwa mantan kepala IMF itu berhubungan seks dengan sejumlah perempuan dari jaringan prostitusi di Paris dan di Washington selama tahun 2010 dan 2011.

Tim pembela Strauss-Kahn mengatakan ia tidak tahu perempuan-perempuan itu pelacur.

Salah satu pengacaranya, Henri LeClerc, mengatakan ia yakin Strauss-Kahn akan dinyatakan tidak bersalah. "Pembelaannya jelas pasti ia akan dibersihkan dari semua tuduhan yang tidak masuk akal, dan penghinaan terhadap akal sehat dan analisis hukum," kata Henri LeClerc.

Pengacaranya yang lain, Frederique Baulieu, mengatakan hak-hak hukum kliennya telah dilanggar. "Ini bukan kemenangan bagi hukum, (namun) karena ada pelanggaran berat terhadap hak melakukan pembelaan," kata Baulieu. "Kejahatan yang dituduhkan itu dibuat-buat. Ketika sebuah pengadilan banding memvalidasi hal itu, kita mempertanyakan hukum yang berlaku," tambahnya.

Para pengacara Strauss-Kahn berdalih bahwa didampingi pelacur adalah legal, dan bahwa para penyidik tidak memiliki dasar hukum untuk mengejar Strauss-Kahn atas tuduhan mucikari.

Namun jaksa penuntut umum mengatakan, Strauss-Kahn tidak hanya tahu bahwa perempuan-perempuan itu pelacur, tapi ia juga terlibat dalam mengorganisir mereka.
Seorang kepala kepolisian dari kota Lille di Perancis Utara juga didakwa dalam kasus tersebut.

Strauss-Kahn menghadapi tuntutan 20 tahun penjara jika ia terbukti bersalah karena terlibat dalam kegiatan sebagai mucikari itu.

Pekan lalu, ia mencapai kesepakatan dengan pelayan hotel di Amerika yang mengatakan Strauss-Kahn telah memperkosanya. Strauss-Kahn dituduh mencoba memperkosa Nafissatou Diallo di New York City Hotel Mei 2011.

Kasus perdata diselesaikan dengan nilai ganti rugi yang dirahasiakan. Sebuah investigasi kriminal dibatalkan oleh para jaksa Amerika tahun lalu.

Recommended

XS
SM
MD
LG