Tautan-tautan Akses

Pengadilan Ekstradisi Assange Berlangsung di London


Sebuah pesan yang dipasang di depan gedung pengadilan "Woolwich Crown" menjelang sidang ekstradisi Julian Assange di London, Inggris, 24 Februari 2020.

Sebuah sidang pengadilan terkait permohonan AS untuk ektradisi pendiri WikiLekas Julian Assange mulai berlangsung di London, Senin (24/2).

Seorang hakim di pengadilan Woolwich Crown mendengarkan argumentasi yang diajukan para pengacara yang mewakili pemerintah AS, yang telah mendakwa Assange melakukan tindakan spionase dan peretasan komputer.

Tuduhan itu terkait dengan tindakan WikiLeaks merilis dokumen-dokumen rahasia Departemen Luar Negeri AS dan Pentagon yang merinci usaha-usaha militer AS di Afghanistan dan Irak; kawat-kawat diplomatik yang dikirim ke Departemen Luar Negeri AS dari berbagi kedubes AS di luar negeri; dan berbagai informasi dari sumber-sumber berharga lainnya.

Assange pertama kali ditangkap pada 2010 di London atas permintaan Swedia, yang ingin menginterogasinya terkait tuduhan perkosaan dan seranagn seksuyal yang diajukan dua perempuan.

Pada 2012 ia mendapatkan suaka di Kedubes Ekuador di London, dan menetap di sana hingga status suakanya dicabut dan kemudin ditahan pihak berwenang Inggris tahun lalu. Sejak itu, Assange ditempatkan di penjara dengan sistem keamanan maksimum dekat pengadilan itu. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG