Tautan-tautan Akses

Pengadilan Chili Perintahkan Gereja Katolik Beri Kompensasi Kepada Korban


Pastor Fernando Karadima (tengah) dikawal dari gedung pengadilan setelah memberi kesaksian dalam sidang gugatan hukum menutupi pelecehan seksual oleh Uskup Agung Santiago, 11 November 2015.

Pengadilan banding di Chili memerintahkan Gereja Katolik Roma untuk membayar kompensasi kepada tiga korban Pastor Fernando Karadima, dalam kasus pelecehan seksual.

Pengadilan di ibu kota Chili, Rabu (27/3), memutuskan bahwa pihak gereja harus membayar sekitar $150 ribu masing-masing kepada Juan Carlos Cruz, Jose Andres Murillo dan James Hamilton.

Putusan ini membatalkan putusan pengadilan yang lebih rendah yang tidak menemukan bukti bahwa gereja telah menutup-nutupi pelecehan seksual yang dilakukan Karadima.

Vatikan telah menjatuhkan sanksi terhadap Karadima pada 2011 dengan memerintahkannya untuk “menyesali apa yang terjadi dan berdoa,” dan Paus Fransiskus memecatnya tahun lalu.

Paus awalnya menolak tuduhan bahwa seorang uskup telah menutup-nutupi kejahatan Karadima, tetapi kemudian mengakui telah melakukan “kesalahan dalam penilaian” dan meminta semua uskup Chili yang aktif untuk mengajukan pengunduran diri. [em]

XS
SM
MD
LG