Tautan-tautan Akses

AS

Pengadilan AS: Kerjasama California-Quebec soal CO2 Konstitusional


Jalanan lengang di 110 Arroyo Seco Parkway menuju Los Angeles, California yang biasanya dipenuhi kendaraan (foto: ilustrasi). Emisi karbon dioksida berkurang 17% selama pandemi Covid-19 setiap hari.

Pengadilan distrik federal AS telah memutuskan bahwa koordinasi California dengan provinsi Quebec di Kanada dalam pembatasan dan perdagangan emisi karbon adalah konstitusional. Keputusan itu merupakan pukulan terhadap pemerintahan Trump yang diumumkan kepada publik hari Jumat (17/7) malam.

Pada Oktober lalu, pemerintahan Trump menuntut California karena mengadakan perjanjian iklim dengan Quebec. Dikatakan bahwa negara bagian itu telah keluar dari jalurnya dengan berhubungan dengan pasar di negara lain dan tidak berhak untuk melakukan kebijakan luar negeri.

Keputusan oleh Pengadilan Distrik Amerika untuk Distrik Timur California minggu ini mengatakan pemerintahan Trump telah “gagal mengidentifikasi kebijakan luar negeri yang jelas dan tersurat yang secara langsung bertentangan dengan program pembatasan dan perdagangan emisi karbon oleh pemerintah negara bagian California.”

Presiden Donald Trump, seorang Republikan, telah menempuh kebijakan memaksimalkan hasil bahan bakar fosil sementara memangkas berbagai peraturan untuk pelestarian lingkungan. Dia bermaksud menarik Amerika Serikat keluar dari perjanjian Paris 2015 tentang perubahan iklim.

California, negara bagian AS yang paling padat penduduknya dan salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia, telah lama memposisikan diri sebagai pemimpin dalam bertindak untuk mengatasi perubahan iklim. Negara bagian itu sepakat dengan Quebec pada 2013 untuk menghubungkan pasar, dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca yang dituding sebagai penyebab pemanasan planet bumi. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG