Tautan-tautan Akses

Penemuan Mayat-mayat di Sungai Gangga, Timbulkan Pertanyaan Jumlah Kematian COVID-19 di India


Mayat-mayat tampak mengambang di Sungai Gangga di Uttar Pradesh, India Selasa (11/5).
Mayat-mayat tampak mengambang di Sungai Gangga di Uttar Pradesh, India Selasa (11/5).

Pihak berwenang di India, Selasa (11/5) mengatakan belum menentukan penyebab kematian puluhan orang yang mayatnya ditemukan di Sungai Gangga.

Pejabat di negara bagian Bihar mengatakan 71 mayat ditemukan Senin (10/5), sementara pejabat di negara bagian tetangganya, Uttar Pradesh, mengatakan telah menemukan sekitar 100 mayat, sebagian ditemukan Selasa.

Gambar mayat yang mengambang di sungai memicu kemarahan dan spekulasi bahwa mereka meninggal karena COVID-19, yang melonjak di seluruh negara Asia Selatan itu dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada di tempat-tempat lain di dunia.

Beberapa pakar medis prihatin virus corona bisa menyebar melalui air sungai yang terkontaminasi.

“Meskipun tidak ada penelitian global mengenai apakah virus bisa menyebar melalui mayat di air, saya sangat yakin air sekarang tercemar,” kata Dr. Mohsin Wali. "Tidak baik lagi untuk diminum dan kalau mayat ini membusuk, akan lebih berbahaya."

Pihak berwenang melakukan otopsi namun belum bisa memastikan penyebab kematian karena mayat-mayat itu telah membusuk.

India, menurut Universitas Johns Hopkins, Selasa mencatat hampir 330.000 kasus baru dan 3.867 kematian terkait virus corona. India memiliki jumlah kasus terkonfirmasi tertinggi kedua di seluruh dunia dengan hampir 23 juta kasus dan angka kematian tertinggi ketiga dengan hampir 250.000, meskipun para ahli mengatakan angka sebenarnya hampir dipastikan jauh lebih tinggi.

Kementerian Luar Negeri India, Selasa, mengatakan lonjakan itu telah mendorong Perdana Menteri Narendra Modi membatalkan perjalanan ke Inggris untuk menghadiri KTT G7 bulan depan.

Modi sebelumnya dikecam karena mengizinkan pertemuan besar-besaran pada festival keagamaan dan mengadakan kampanye pemilu besar-besaran selama dua bulan terakhir meskipun infeksi meningkat tajam. [my/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG