Tautan-tautan Akses

Pendiri Ebay Janjikan $100 Juta untuk Perangi Berita Palsu


Pendiri Ebay, Pierre Omidyar (foto: dok).

Badan filantropi pendiri Ebay, Pierre Omidyar, menjanjikan 100 juta dolar dalam lima tahun ke depan untuk mendukung jurnalisme dan memerangi berita palsu (hoax). Demikian diumumkan yayasan itu hari Rabu (5/4).

Konsorsium Internasional Wartawan Investigatif, yang membocorkan Panama Papers, adalah organisasi pertama yang mendapat dana dari Jaringan Omidyar - hibah tiga tahun sampai 4,5 juta dolar "untuk memperluas pelaporan investigatifnya."

"Di seluruh dunia, kita melihat bangkitnya politisi otoriter yang mengkhawatirkan, menghambat kemajuan menuju masyarakat yang lebih terbuka dan inklusif," ujar Matt Bannick, Omidyar Network Managing Partner.

"Kurangnya respon pemerintah dan ketidakpercayaan yang terus tumbuh terhadap lembaga-lembaga, terutama media, mengikis kepercayaan. Semakin banyak, fakta dikurangi, informasi yang salah disebar, akuntabilitas diabaikan, dan saluran yang memungkinkan warga bersuara, ditutup," tambahnya.

Mengumumkan komitmen itu secara resmi pada Forum Skoll World yang membahas kewirausahaan sosial di Oxford, Inggris, Jaringan Omidyar juga menjanjikan dukungan bagi Liga Anti-Pencemaran, untuk memerangi anti-Semitisme, dan Aliansi Amerika Latin untuk Teknologi Civic (ALTEC).

Didirikan tahun 2004 oleh Pierre Omidyar dan istrinya, Pam, Jaringan Omidyar mendukung organisasi-organisasi guna mendorong perubahan ekonomi dan sosial. [ka/ds]

XS
SM
MD
LG