Tautan-tautan Akses

Pendapat Warga AS atas Insiden Balon China yang Masuki Wilayah Udara Amerika


AS dan China saling bersitegang mengenai insiden balon pengintai China yang memasuki wilayah udara AS (foto: ilustrasi).
AS dan China saling bersitegang mengenai insiden balon pengintai China yang memasuki wilayah udara AS (foto: ilustrasi).

​​​​​​​Sementara anggota kongres dari Partai Republik dan Demokrat memperdebatkan tanggapan pemerintahan Biden terhadap balon mata-mata yang diduga milik China yang melintasi AS, warga Amerika memiliki beragam pendapat atas insiden tersebut.   

Washington menyebut bola besar di langit itu sebuah balon pengintai China yang melanggar wilayah udara dan kedaulatan AS. Sementara Beijing mengatakan, balon itu adalah sebuah alat peneliti cuaca sipil yang melenceng dari rute penerbangannya.

Kecaman AS atas insiden balon China itu serta keluhan Beijing setelah pesawat tempur AS menjatuhkan balon udaranya terdengar hampir sama.

Menlu AS Antony Blinken mengatakan, “(Insiden in) tidak bisa diterima dan tidak bertanggung jawab!”

Sementara, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning mengatakan, “Ini (penembakan balon China oleh rudal AS, red.) merupakan perilaku yang tidak bisa diterima dan tidak bertanggung jawab.”

Lalu, bagaimana pendapat warga Amerika atas kecaman dan keluhan kedua pihak ini?

Cristina berpendapat, kedua negara bersikap seperti anak kecil. “Benar-benar sulit untuk tahu siapa yang benar. Karena untuk saya, seperti seorang ibu yang masuk kamar dan melihat kedua anak kita bertengkar, dan kita tidak tahu siapa yang benar. Anda tidak tahu siapa yang berbohong. Jadi pada akhirnya, Anda sebagai ibu, Anda tidak boleh berpihak. Karena harus adil, Anda beri tahu mereka, OK kalian masuk kamar, hentikan pertengkaran ini, dan saya benar-benar nggak tahu siapa di antara kalian yang benar.”

Warga Amerika lainnya ingin memperoleh lebih banyak informasi, seperti Fabriccio Rodriguez.

“Saya tidak mendengar sesuatu yang meyakinkan siapa yang benar, siapa yang salah. Maksud saya, aneh kan kalau sebuah balon penelitian ada di atas sana. Jadi saya rasa itu sangat mencurigakan, tetapi saya tidak akan bisa menyimpulkan,” ujarnya.

Pendapat Warga AS atas Insiden Balon China yang Masuki Wilayah Udara Amerika
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

Beijing mengatakan bahwa penembakan balon udaranya itu merupakan reaksi Washington yang berlebihan.

Namun, James Kinney mengatakan, perintah Presiden Joe Biden sudah tepat. “Saya tidak setuju dia dianggap bereaksi berlebihan karena Biden menunggu sampai balon itu menjauhi daratan AS. Seandainya dia langsung menembak jatuh, maka itu baru bisa disebut sebuah reaksi berlebihan menurut saya.”

Sementara Jennifer berpendapat sebaliknya: AS bereaksi berlebihan. “Kan sudah banyak satelit sekeliling bumi yang ditempatkan China guna melacak intelijen tentang Amerika.”

Sementara itu, penyelidik AS akan meneliti pecahan-pecahan dan keping-keping balon itu untuk mengetahui muatannya dan tujuan Beijing menempatkannya di wilayah udara Amerika. [jm/rd]

Forum

XS
SM
MD
LG