Tautan-tautan Akses

10 Pendaki Tewas Tertimbun Salju di Iran


Warga Iran berlibur di resor ski Tochal di utara Teheran, Iran, 12 Desember 2019. (Foto:Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency via Reuters)
Warga Iran berlibur di resor ski Tochal di utara Teheran, Iran, 12 Desember 2019. (Foto:Nazanin Tabatabaee/WANA (West Asia News Agency via Reuters)

Media pemerintah melaporkan, Sabtu (26/12), sedikitnya 10 pendaki meninggal dan beberapa orang lain hilang di pegunungan di sebelah utara ibu kota Iran, Teheran, setelah hujan salju lebat.

Tujuh awak sebuah kapal juga dilaporkan hilang akibat badai di Teluk itu.

Hujan salju lebat dan angin kencang di beberapa bagian Iran dalam beberapa hari belakangan telah menutup banyak jalan dan mengganggu lalu lintas.

Beberapa pendaki masih hilang sejak Jumat (25/12) ketika dua kematian dilaporkan. Stasiun TV pemerintah mengatakan sementara korban yang dilaporkan hilang telah bertambah setelah pihak keluarga yang khawatir, mengontak pihak berwenang.

Mehdi Valipour, kepala operasi darurat Palang Merah Iran kepada lembaga penyiaran pemerintah IRIB mengatakan bahwa sembilan orang tewas di gunung dan seorang meninggal di rumah sakit setelah diselamatkan.

Valipour mengatakan sedikitnya tujuh pendaki masih hilang di tiga jalur pendakian populer.

Kantor berita semi resmi ISNA melaporkan, secara terpisah, otoritas maritim Iran sedang mencari tujuh awak kapal transportasi Iran yang karam di perairan Teluk pada Jumat (25/12).

"Kami berusaha mencari para korban hilang dengan memobilisasi seluruh fasilitas dan pasukan kami, serta memberitahu kapal-kapal yang lewat dan pusat pencarian dan penyelamatan di Oman, Uni Emirat Arab dan Pakistan," kata Esmail Makkizadeh, wakil kepala badan maritim regional Iran, seperti yang dilaporkan ISNA. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG