Tautan-tautan Akses

Pendaki Gunung Perempuan Asal Pakistan Mendaki Puncak Tertinggi di Dunia


Pemandangan dari basecamp di Gunung Everest di Nepal yang diambil dengan menggunakan drone pada 24 April 2023. (Foto: Reuters/Pasang Rinzee Sherpa)
Pemandangan dari basecamp di Gunung Everest di Nepal yang diambil dengan menggunakan drone pada 24 April 2023. (Foto: Reuters/Pasang Rinzee Sherpa)

Pendaki gunung perempuan asal Pakistan, Naila Kayani, pada Minggu (14/5), mendaki puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, dan menjadikannya pendaki perempuan Pakistan kedua yang mencapai prestasi itu.

Kayani juga menjadi perempuan Pakistan pertama yang mendaki lima puncak gunung dengan ketinggian di atas 8.000 meter, ungkap Alpine Club of Pakistan.

Samina Baig, seorang pendaki gunung perempuan dari wilayah Gilgit-Baltistan, mengukir sejarah pada tahun 2013, lalu ketika ia menjadi perempuan Pakistan pertama yang mendaki Gunung Everest.

Berasal dari Rawalpindi, Pakistan, Kayani kini tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab, bersama keluarganya. Ia merupakan seorang pendaki gunung yang rajin. Foto pernikahannya pada tahun 2017 diambil di tempat persinggahan di K2, yang merupakan gunung tertinggi kedua di dunia. Foto-foto itu kemudian menjadi viral di media sosial.

Kayani mengejutkan banyak pihak pada tahun 2021, dengan mendaki puncak Gasherbrum II setinggi 8.035 meter, hanya beberapa bulan setelah ia melahirkan.

Berbicara kepada VOA, sekretaris Alpine Club of Pakistan, Karar Haidari, mengatakan Kayani adalah wanita pemberani yang berharap dapat mencapai masing-masing puncak dari 14 puncak gunung tertinggi di dunia yang semuanya memiliki ketinggian di atas 8.000 meter. Ia ingin mewujudkan keinginannya tersebut sesegera mungkin.

Haidari mengatakan Kayani juga menaklukkan puncak Gasherbrum I setinggi 8.068 meter pada Juli 2022, dan puncak Annapurna setinggi 8.091 meter segera setelah itu. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG