Tautan-tautan Akses

Penasihat Trump: Rencana Perdamaian Israel-Palestina 'Hampir Selesai'


Jared Kushner, penasihat dan juga menantu Presiden AS Donald Trump
Jared Kushner, penasihat dan juga menantu Presiden AS Donald Trump

Penasihat senior dan menantu laki-laki Presiden Donald Trump, Jared Kushner meragukan apakah Presiden Palestina Mahmoud Abbas punya kemampuan dan kesediaan untuk membuat kesepakatan damai dengan Israel.

"Pandangan-pandangannya belum berubah dalam 25 tahun terakhir. Belum ada kesepakatan damai yang dicapai ketika itu," kata Kushner dalam wawancara yang diterbitkan di surat kabar Palestina Al Quds.

Kushner juga mengatakan pemerintahan Trump "hampir selesai" dengan rencana perdamaian Israel-Palestina yang dibuat tanpa masukan dari Palestina.

Kushner dan utusan AS Jason Greenblatt mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu hari Jumat dan Sabtu. Sebelum bertemu Netanyahu, keduanya berkunjung ke Yordania, Arab Saudi, Qatar, dan Mesir.

Kushner mengatakan para pemimpin Arab mendukung negara Palestina.

Abbas belum bertemu Kushner dan Greenblatt, setelah pengakuan Trump atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan keputusannya untuk memindahkan kedutaan AS ke Yerusalem.

Warga Palestina menginginkan Jerusalem timur sebagai ibukota mereka kelak. Mereka berkeras status kota yang disengketakan itu adalah masalah yang harus dirundingkan antara mereka dan warga Israel.

"Jika Presiden Abbas bersedia kembali berunding," kata Kushner, kita siap terlibat; jika tidak, kita kemungkinan akan mengumumkan rencana itu secara terbuka." [my]

XS
SM
MD
LG