Tautan-tautan Akses

Penasihat Keamanan Trump Berharap Presiden Maduro Mengungsi dari Venezuela


Penasihat keamanan nasional AS, John Bolton
Penasihat keamanan nasional AS, John Bolton

Penasihat keamanan nasional Presiden Donald Trump hari Minggu (10/3) mengatakan, ia berharap Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengungsi jauh dari negerinya dan “tinggal di kawasan pantai yang indah.”

Ini dikatakan John Bolton dalam wawancara dengan stasiun televisi ABC. Kata Bolton, “momentum kini berada di pihak Guaido”, ketua DPR yang mengangkat diri sebagai presiden sementara Venezuela. Tapi tambah Bolton, rakyat Venezuela-lah yang berhak memastikan Guaido menang.

Perekonomian Venezuela praktis ambruk, dan ini memicu kelaparan dan migrasi besar-besaran. Hari-hari belakangan ini listrik putus di banyak bagian Venezuela, dan ini menambah penderitaan rakyat. Sejak krisis dimulai beberapa bulan lalu, lebih dari tiga juta rakyat telah melarikan diri atau mengungsi ke luar negeri.

Tapi Presiden Maduro terus menyebut Amerika sebagai penyebab krisis di negerinya.

“Kami sedang menghadapi agresi paling serius dari imperialisme Amerika dalam masa 200 tahun terakhir,” kata Maduro dalam rapat umum yang dihadiri oleh para pendukungnya.

Banyak tokoh Demokrat dalam Kongres mendesak supaya Amerika jangan menggunakan kekuatan militer untuk menggulingkan Maduro.

Diplomat Amerika untuk Venezuela Elliot Abrams juga mengatakan tidak ada opsi militer yang sedang dipertimbangkan, tapi John Bolton mengatakan bulan lalu, “semua pilihan sedang dipertimbangkan.”

"Kita lihat saja apa yang akan terjadi," katanya kepada stasiun TV ABC. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG