Tautan-tautan Akses

Pemogokan Buruh Lumpuhkan Eropa


Belasan ribu orang melakukan unjuk rasa di kota-kota utama Eropa menentang berbagai usaha penghematan Pemerintah.

Unjukrasa buruh menimbulkan gangguan di seluruh Eropa hari Rabu, ketika belasan ribu orang berpawai di kota-kota utama Eropa menentang berbagai usaha penghematan Pemerintah yang ditujukan untuk mengendalikan kenaikan utang.

Di Spanyol, serikat buruh perdagangan mengatakan lebih dari 70 persen anggota serikatnya ikut dalam pemogokan yang menghentikan lalu lintas di Madrid dan membuat perjalanan udara praktis terhenti.

Sejumlah pengunjukrasa di Barcelona melempari polisi anti huru-hara dan membakar sebuah mobil polisi ketika petugas menangkap para pengunjukrasa. Kantor Berita Perancis melaporkan serikat buruh UGT mengutuk kekerasan tersebut dan mengatakan hal itu disebabkan oleh orang-orang yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pemogokan massal.

Unjukrasa meluas ke Kroasia dan Slovenia, dimana aksi pemogokan oleh polisi dan petugas bea cukai membuat truk-truk harus menunggu selama lebih dari 20 jam untuk menyebrangi perbatasan. Pemogokan dan unjukrasa juga terjadi di Yunani, Irlandia, Portugal, Polandia dan Belgia.

Sejumlah pemerintah negara-negara Eropa terpaksa memberlakukan pemotongan gaji, pensiun dan pekerjaan memicu puluhan unjukrasa dalam beberapa bulan terakhir. Komisi Uni Eropa mempertimbangkan usul untuk menghukum negara-negara anggotanya yang terus menimbun hutang untuk mendanai program-program sosialnya.

XS
SM
MD
LG